AS Umumkan Rencana Serangan Dagang Baru ke Uni Eropa

Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) mengumumkan rencana serangan dagang baru terhadap Uni Eropa. Dalam pengumuman yang dikutip dari CNNBusiness, mereka menyatakan akan mengenakan tarif impor baru terhadap 30 produk asal Uni Eropa.

Produk tersebut antara lain, zaitun, cokelat, gin dan bir. Produk tersebut akan dikenakan tarif impor tinggi oleh Negeri Paman Sam.

Dalam pengumuman tersebut, tarif yang dikenakan kemungkinan mencapai 100 persen. Tarif diberlakukan sebagai buntut perselisihan tuduhan subsidi pemerintah Uni Eropa terhadap industri pesawat mereka.

Sebagai informasi, total nilai impor AS atas barang asal Uni Eropa mencapai US$ 3,1 miliar setiap tahunnya. Tapi, Amerika Serikat sudah mengenakan tarif impor 15 persen hingga 25 persen untuk barang-barang Eropa bernilai US$7,5 miliar akibat perselisihan subsidi pesawat tersebut.

AS menuduh Uni Eropa telah melakukan praktik dagang tidak adil di bidang industri pesawat dengan memberikan subsidi yang merugikan penjualan jet berbadan lebar buatan Boeing. Boeing merupakan industri pesawat berbasis di AS.

Tuduhan tersebut mendapatkan dukungan dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). WTO pada 2018 lalu menyimpulkan Uni Eropa memang membantu Airbus (EADSF) dengan subsidi tidak adil yang merugikan Boeing.

Kesimpulan WTO itu membuka jalan bagi Amerika Serikat untuk lancarkan serangan dagang pada barang-barang Eropa.

1Pingbacks & Trackbacks on AS Umumkan Rencana Serangan Dagang Baru ke Uni Eropa