Wall Street Melejit, Harga Emas LLG Jatuh Keluar Zona $1.300

emas-dunia-harian130612cBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Senin 18 Agustus 2014 terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh peralihan pola investasi dari safe haven akibat kondisi geopolitik global yang mulai berangsur membaik.

Fondasi dasar dari penguatan harga emas yang lebih dipengaruhi oleh kondisi geopolitik, terpantau perlahan mulai rapuh seiring membaiknya kondisi konflik Ukraina-Rusia. Indikasi akan adanya kesepahaman kedua belah pihak untuk mengakhiri konflik, membuat minat terhadap safe haven mengalami penurunan.

Dampak dari penurunan minat terhadap safe haven, terlihat kuat dari melejitnya bursa saham di Amerika Serikat. Dorongan penguatan pada harga emas akibat konflik Ukraina-Rusia yang memudar, kini berdampak pada peralihan jenis investasi oleh para investor untuk kembali ke bursa saham. Terpantau imbas dari hal tersebut, bahkan indeks Nasdaq dapat menguat hingga ke level tertinggi 14 tahun pada dini hari tadi.

Selain itu, pergerakan harga emas pada perdagangan Senin lalu juga dipengaruhi oleh pergerakan dari bursa valuta asing. Pergerakan nilai Dollar AS yang terangkat kembali akibat pelemahan sentimen geopolitik global dan data perumahan AS, membuat harga emas menjadi relatif bertambah mahal. Adapaun terkait data perumahan AS, dilaporkan housing market index AS naik dari level 53 ke 55.

Walaupun demikian, dari pola pergerakan harga emas terlihat bahwa fondasi penguatan dari sisi geopolitik belum sepenuhnya runtuh. Masih adanya kemungkinan peningkatan tensi konflik kembali baik dari Ukraina-Rusia, Irak, maupun Libia, masih menjadi perhatian oleh para investor. Selain itu, kondisi perekonomian global yang masih belum stabil juga turut memberi landasan harga emas untuk menahan rapuhnya fondasi dari geopolitik global.

Pada perdagangan Senin 18 Agustus 2014, harga emas LLG terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas LLG pada penutupan dini hari tadi turun 0,45% ke tingkat harga $1.298,40/t oz atau melemah 5,90/t oz.

Sementara dari perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas terpantau juga ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,53% ke tingkat harga $1.299,3/t oz atau melemah $6,9/t oz.

Analis memprediksi harga emas akan cenderung bergerak kembali melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh selain mulai rapuhnya fondasi penguatan dari faktor geopolitik, akan rilisnya data inflasi Inggris dan AS pada hari ini yang diestimasi akan membaik dapat menjadi momok baru terhadap pergerakan harga emas, terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.288,5-$1.307,5 pada emas LLG dan $1.291-$1.309 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

Comments are closed.