YouTube Uji Coba Fitur Picture-in-Picture ke Pengguna iOS

YouTube diketahui sedang menjajal picture-in-picture, fitur yang sudah lama dimiliki Android, pada pengguna iOS. Pengujian ini diberitakan 9to5mac.com pada Kamis (27/8) berdasarkan laporan pengguna melalui Twitter.

Laporan netizen itu merujuk kesimpulan pengujian dilakukan pada pengguna iOS dalam jumlah sedikit menggunakan versi terbaru aplikasi YouTube. Sejauh ini YouTube tak pernah menawarkan fitur picture-in-picture pada iOS.

Setelah fitur diaktifkan, pengguna bisa memutar video kemudian menutup aplikasi namun tetap dapat menonton video dalam tampilan kecil. Video berukuran kecil itu berada di atas tampilan muka iOS atau aplikasi lain yang sedang digunakan, cara kerja ini mirip pada perangkat Android.

Meski begitu memutar video YouTube tampilan kecil pada pengujian terbatas hanya untuk pelanggan YouTube Premium. Ini bisa mengindikasikan saat fitur itu dirilis resmi hanya bisa didapat oleh pelanggan berbayar.

Apple baru saja merilis iOS 14 beta 6 menjelang peluncuran versi final iOS 14. Selain picture-in-picture, iOS juga diyakini punya sistem widget seperti Android, App Library, dan lainnya.

Fitur picture-in-picture sebenarnya sudah bisa digunakan pada iOS, namun tak mencakup semua aplikasi yang ditawarkan di App Store. Beberapa aplikasi yang punya fitur itu menurut idropnews.com yakni CNN, ESPN, Firefox, Google Chrome, iTunes Store, dan Netflix.

1Pingbacks & Trackbacks on YouTube Uji Coba Fitur Picture-in-Picture ke Pengguna iOS