Yunani Mungkin Keluar dari Euro & Uni Eropa

Bestprofit-futures : Athena – Bank sentral Yunani memperingatkan bahwa negara itu bisa keluar dari zona euro dan bahkan Uni Eropa jika gagal untuk mencapai kesepakatan dana talangan dengan para kreditor internasionalnya.

yunani

 

 

 

 


Kegagalan untuk mencapai kesepakatan akan menandai awal dari yang tentu saja menyakitkan, yang akan mengarah pada awal gagal bayar (default) Yunani dan akhirnya negara keluar dari kawasan euro dan — kemungkinan besar — dari Uni Eropa.” Negosiasi pencairan dana penyelamatan tahap akhir 7,2 miliar euro (8,1 miliar dolar AS) dari dana talangan (bailout) besar-besaran Yunani dari Dana Moneter Internasional (IMF), Uni Eropa dan Bank Sentral Eropa (ECB), telah menemui jalan buntu ketika tenggat waktu pembayaran kian dekat.

Yunani menghadapi pembayaran 1,6 miliar euro kepada IMF pada akhir bulan, dengan yang lainnya 6,7 miliar euro kepada ECB pada Juli dan Agustus — pembayaran yang pejabat Yunani katakan pemerintahnya tidak mampu.

Para analis telah lama memperingatkan bahwa gagal bayar mungkin memicu rantai peristiwa yang mengarah ke pintu keluar dari zona euro, yang disebut “Grexit”, tetapi tidak meninggalkan Uni Eropa.

Bank sentral Yunani dalam laporan tahunannya kepada parlemen untuk anggota parlemen dan pemerintah, mengatakan jika negara meninggalkan zona euro itu akan menyebabkan resesi mendalam, penurunan dramatis dalam pendapatan dan lonjakan pengangguran.

Inilah sebabnya mengapa bank sentral Yunani secara tegas percaya bahwa kesepakatan mengejutkan dengan mitra kami adalah sejarah penting bahwa kita tidak mampu untuk mengabaikannya.

Dari semua bukti yang tersedia sejauh ini, tampaknya bahwa kompromi telah dicapai pada kondisi utama yang melekat pada perjanjian ini dan bahwa sedikit hambatan masih harus dibahas. Para menteri keuangan zona euro bertemu pada Kamis dan kemungkinan KTT darurat para pemimpin Uni Eropa untuk membahas krisis Yunani juga telah muncul.

 

Sumber : http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2214544/yunani-mungkin-keluar-dari-euro-uni-eropa

Comments are closed.